5 Cara Menghindarkan Kebiasaan Buruk Agar Bisnis Tak Bangkrut

konsultan-bisnis

Berbisnis adalah investasi masa tua yang paling menguntungkan. Pilihan berbisnis adalah langkah yang tepat untuk menjaga stabilitas perekonomian keluarga anda. Bukan hanya investasi masa tua, bisnis juga bisa jadi pilihan alternatif anda untuk menambah income. Selain anda yang memegang kendali terhadap perkembangan perusahaan, anda juga memiliki kuasa penuh untuk menentukan income perbulan dari perusahaan anda.

Berbisnis adalah impian setiap orang, namun mempertahankannya jauh lebih sulit daripada memulai. Banyak perusahaan yang terpaksa gulung tikar di tahun pertama, karena kesalahan mengambil keputusan.

Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kestabilan bisnis anda. beberapa kebiasaan anda pribadi bahkan juga bisa mempengaruhi bisnis anda. bagaimana bisa? Mengapa kebiasaan mampu mempengaruhi? Dan bagaimana cara menyelamatkan keberlangsungan bisnis kita? Inilah 5 kebiasaan yang harus anda hindari untuk mempertahankan bisnis anda

  • Jangan Boros

Berbisnis memang mudah mendatangkan uang tanpa menunggu awal bulan, namun bukan berarti anda bisa menggunakan uang hasil pendapatan anda sesuka hati.

Control adalah kunci utama untuk ciptakan keseimbangan. Jangan sampai anda kehabisan uang disaat-saat krusial, atau membeli hal-hal yang tak perlu. Boros bukan hanya mampu memicu kerugian anda dalam berbisnis, namun juga tak sehat bagi perputaran keuangan anda secara pribadi.

Anda akan kesulitan untuk menyisihkan uang, dan cenderung konsumtif. Dengan gaya hidup yang cenderung konsumtif, ini akan menghambat kreatifitas dan produktifitas anda dalam hal apapun termasuk bisnis.

Kebiasaan membakar uang ini juga  bisa pengaruhi bisnis, karena fokus anda bukan lagi pada bagaimana mendapatkan income tambahan, melainkan bagaimana menghabiskan uang yang anda punya. Jangan sampai yaa..

  • Atur Pengeluaran

Mengatur keuangan rupanya menjadi salah satu jalan pintas untuk menghindarkan anda dari bahaya rugi. Dengan membuat laporan keuangan pribadi anda bisa mengetahui seberapa boros atau seberapa optimal anda, dalam menggunakan uang.

Dengan pembukuan keuangan anda juga bisa mempertimbangkan langkah-langkah bisnis jika pengeluaran anda lebih besar dari pada pendapatan anda.

Mengetahui kemana uang-uang anda pergi sangatlah penting. Hal ini juga menghindarkan anda dari membeli barang yang tak perlu, dan penggelapan uang perusahaan misalnya.

Karena meskipun itu adalah perusahaan anda, haram hukumnya mengambil uang yang bukan hak anda, contohnya uang karyawan atau uang tagihan pajak. Mengatur keuangan juga membantu anda untuk berlatih disiplin dalam berhemat. Sudah coba?

  • Pisahkan Urusan Pribadi Dengan Urusan Bisnis

Karena banyaknya pelaku bisnis utamanya pemula, merasa bahwa uang yang didapat berasal dari sumber yang sama maka sering kali mereka menggunakannya sesuka hati. pemetaan keuangan tentu amat diperlukan apalagi jika anda memiliki bisnis sendiri.

Pemetaan diperlukan agar keuangan anda stabil dan bijak dalam menggunakannya. Hal ini bisa menghindarkan anda dari bercampurnya pengeluaran pribadi dengan pengeluaran perusahaan.

Pengeluaran akan lebih terkontrol dan terdeteksi dengan mudah. Bercampurnya uang perusahaan dengan uang pribadi dengan perusahaan bisa merugikan anda karena susah mendeteksi pengeluaran.

Terlebih jika anda menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi, anda bisa memulai dengan membuat pembukuan tersendiri, atau membedakan nomor rekening perusahaan dengan pribadi.

financial-planner
  • Bayar tagihan tepat waktu

Membayar tagihan tepat waktu adalah salah satu faktor yang bisa mempertahankan bisnis anda. mengapa? Karena membayar tagihan tepat waktu menghindarkan anda dari tagihan yang menumpuk dan pembayaran denda.

Akibatnya akan terjadi pengeluaran berlebih, sehingga mampu menghambat perputaran uang perusahaan. Tak sedikit perusahaan besar yang bangkrut akibat meremehkan hal ini.

Membayarkan kewajiban perusahaan seperti pajak, gaji karyawan, dan lain sebagainya tepat waktu adalah kunci utama langgengnya bisnis anda. dengan tepat waktu relasi anda dengan orang lain juga terjaga.

Ada baiknya untuk memasang pemberitahuan pada gadget anda untuk menghindari kelupaan membayar tagihan bulanan.

  • Menggunakan jasa dengan tepat

Memulai dan mempertahankan bisnis memang sangat sulit, apalagi jika anda beraviliasi atau menggunakan jasa konsultan bisnis yang salah. Terjebak dengan konsultan bisnis atau jasa branding builder kualitas rendah dan mahal, sungguh mimpi buruk bagi semua pebisnis.

Memilih partner yang salah dalam bisnis memang sangat merugikan, selain anda harus mengeluarkan banyak uang, apa yang anda targetkan masih belum terwujud.

Bagaimanapun anda jangan takut untuk gagal. Memilih jasa konsultan bisnis dan branding builder yang tepat bisa meningkatkan penjualan anda dan membantu anda untuk mencapai target market yang sudah anda tentukan.

Maka dari itu melihat track record pemilik jasa juga sangatlah penting agar anda terhindar dari kerugian. Check ke absahan dari perjalanannya melayani customer. Pengalaman menentukan keberhasilan mereka dalam membangun brand.

Sarana Selaras Media merupakan salah satu branding builder dan business consultant yang masuk dalam kategori berpengalaman dan ahli. Pengalaman menangani project-project besar ini mampu menambah profesionalitas untuk memenuhi kebutuhan bisnis anda.

Nah, ada banyak yang harus kita hindari dan mulai lakukan untuk memperpanjang masa bisnis kita ya? Mulai dari menahan diri agar tidak boros, hingga memilih bisnis konsultan yang tepat untuk membantu anda mencapai target pasar. Pertanyaannya adalah maukah anda memulai semua itu sekarang?

5 Cara Menghindarkan Kebiasaan Buruk Agar Bisnis Tak Bangkrut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top