5 Instrumen Bisnis Yang Ampuh di Era Digital

sosial-media-terbaik

Kebutuhan digital masyarakat yang semakin meningkat, memicu kita untuk berfikir selangkah lebih maju. Maraknya laman dan aplikasi penunjang komunikasi jarak jauh yang tak terbatas oleh waktu juga membuktikan bahwa limitless is real di era digital.

Gandrungnya masyarakat kita terhadap hal-hal yang berbau praktis dan cepat menggugah pemain bisnis berbelok arah pada cara-cara tersebut. Mulai dari mengconvert bisnis konvensionalnya menjadi bisnis online hingga menjalin kerja sama dengan beberapa dompet digital untuk menjadi merchant mereka.

Pesatnya persaingan bisnis di era digital menuntut kita berfikir lebih kreatif untuk mampu bertahan di tengah gelombang peradaban. Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, artikel kali ini akan mengulik 5 aplikasi yang bisa tunjang bisnis anda agar tak kalah pesat pergerakannya dengan teknologi.

  1. Facebook

Facebook, raksasa jejaring sosial ini tak perlu diragukan lagi kekuatannya. Semenjak kehadirannya pada februari 2004 ini tak lagi tertolak kemampuanya dalam menggalang masa.  Dilansir dari kompas.com, Facebook merupakan sosial media yang paling digemari di Indonesia. Dengan dari pada itu, facebook adalah rujukan bagi sebagian besar orang untuk mencari apapun, teman, komunitas hingga barang.

Karena alih fungsi facebook yang tak hanya menjadi alat komunikasi, memicu facebook menambah beberapa fitur yang bisa memfasilitasi bisnis online. Salah satunya yakni fitur facebook ads. Facebook ads agaknya telah menggeser google ads dalam hal eksistensi. Lantaran lebih banyak warga net yang memilih menggunakan facebook untuk berkegiatan mulai dari mencari informasi hingga berbelanja.

Fitur facebook ads ini bukan hal baru, namun tak banyak orang yang paham bagaimana cara menggunakan facebook ads dengan bijak dan bisa mendatangkan keuntungan. Sistem kerja facebook ads yang bisa kita atur kada memabukkan pengguna untuk memilih opsi pasang iklan dengan harga murah dengan jangkauan sebanyak-banyaknya. Pertimbangan yang kurang matang dari pengguna facebook ads terkadang membuat ia tak bekerja secara maksimal.

Mengetahui cara kerja facebook ads sangat dianjurkan sebelum menggunakannya sebagai senjata perang bisnis anda. Menggunakan jasa konsultan atau management sosial media adalah short cut yang akan menyelamatkan bisnis anda di era digital.

  • Instagram

Anak perusahaan facebook yang satu ini tak kalah hype dari induknya. Popularitas dan daya tariknya dalam hal visual memiliki kharisma tersendiri. Bagi bisnis yang lebih mengutamakan tampilan visual, instagram adalah kabar baik untuk anda. Bisnis seperti fashion, makanan, blogger, atau personal traveler akan sangat beruntung jika mulai menggunakan instagram sebagai salah satu amunisi.

Jika facebook memiliki facebook ads, instagram memiliki business tools, dimana pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah. Business tools pada instagram memungkinkan pengguna untuk melakukan promosi selayaknya facebook ads. Keunggulan dari instagram business sendiri terletak pada link, ketika anda menggunakan business account di instagram maka secara otomatis ia akan terhubung dengan akun facebook anda.

Tak berhenti sampai disitu, jika di facebook anda hanya akan beriklan pada pengguna facebook sahaja, hal berbeda akan anda temui di instagram. Di instagram selain beriklan pada instagram itu sendiri, anda juga bisa menyambungkan link iklan itu pada facebook. Sekali dayung 2, 3 pulau terlampaui.

Tak berhenti pada akun bisnis resmi, instagram juga punya kemewahan tersendiri, yakni selebgram! Boomingnya instagram tak bisa terlepas dari keberadaan selebgram atau akrab dikenal sebagai influencer. Ya, keberadaan influencer dalam aplikasi ini cukup massive dan mendatangkan banyak keuntungan bagi anda para pebisnis.

Anda bisa melakukan paid promote melalui jasa yang sudah disediakan sag influencer. Harganya relatif berbeda, bergantung dengan banyaknya jumlah folowers sang influencer tersebut. Hasil yang tuai dari paid promote influencer ini bisa dibilang lumayan menguntungkan. Jadi, sudah download instagram sekarang?

instrumen-ampuh-di-era-digital
  • Google ads

Meskipun posisinya yang sudah mulai tergeser dengan keberadaan sosial media seperti facebook dan instagram, namun google ads masih menjadi pilihan utama para pebisnis. Siapa yang belum buka google hari ini? Sulit rasanya kita bayangkan jika ada orang yang tak pernah tahu apa itu google.

Akses utama yang digunakan warga net untuk mengakses internet ini adalah idola kita semua. Walaupun keberadaannya tergeser namun pada kenyataannya google ads tetap efektif sebagai salah satu strategi pemasaran. Jangkauan google yang lebih luas merupakan daya tarik utama para pengiklan. Tak terbatas oleh situs tertentu, selain itu anda juga bisa menggunakan sistem SEO (search engine operation) untuk menambah nilai dari bisnis anda.

  • Website resmi

Ya, website resmi masih jadi primadonna di era digitalisasi. Meskipun dominasi sosial media tak dapat dipungkiri keberadaannya, namun website resmi masih membawa pengaruh yang cukup besar terlepas apaun jenis bisnisnya. Website resmi adalah representatif sebuah instansi atau perusahaan, calon client akan cenderung mencari website resmi perusahaan itu sebelum mencari official account mereka pada sosial media.

 Website resmi mampu menambah rasa percaya calon client untuk melakukan transaksi. Selain menambah rasa percaya calon client, website resmi juga termasuk alat pembangunan branding yang ingin kita bentuk sedari awal. Tampilan website bisa mencerminkan seperti apa semangat kerja kita.

  • Marketplace

Marketplace istilah lain dari pasar digital. Di dalam marketplace anda akan bersaing dengan dengan toko-toko lainnya. menggunakan marketplace adalah cara cepat untuk memulai bisnis online, namun resiko berdesakan dengan harga lain dan barang serupa harus siap anda tanggung.

Bergabung dengan marketplace memang tak memakan banyak biaya, anda tidak akan memikirkan harus seperti apa bentuk website resmi anda, karena di marketplace anda hanya perlu mengupload produk atau jasa yang anda tawarkan pada calon customer.

Akan tetapi tak ada salahnya mencoba marketplace. Karena mudah digunakan pelbagai kalangan, marketplace masih jadi idola di tengah euforia website resmi instansi lain. Namun tak sedikit juga yang mendulang keuntungan pada marketplace. Pertanyaannya adalah, maukah anda memulai?

Kelima situs di atas bisa anda coba untuk menunjang bisnis, atau perusahaan yang sedang anda pegang. Pergerakan teknologi semakin cepat dan pesat, jika kita tak memulainya sekarang, kapan lagi?

5 Instrumen Bisnis Yang Ampuh di Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top