5 Langkah Memulai Bisnis Fashion

Pakaian awalnya digunakan sebagai alat melindungi diri dari cuaca dingin, panas ataupun hujan. Namun saat ini, pakain telah berevolusi menjadi sebuah manifestasi dari kepribadian tiap manusia. Selain menjaga tubuh kita dari cuaca luar, pakaian kini menjadi representasi dari jati diri kita, hingga menjadi trend untuk bergaya.

Melihat pola berpakaian manusia yang kian berkembang, kini industri meliriknya sebagai mangsa pasar yang cukup untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Dengannya kini bisnis pakaian lebih dikenal sebagai industri fashion. Industri yang terus berputar dan dinamis.

Tak sedikit yang ingin memulai perjalanan bisnisnya pada industri fashion. Memiliki brand fashion sendiri memang salah satu dari prestige tertentu yang hampir semua orang inginkan bukan? namun untuk mewujudkan itu semua, bukan hal yang mudah. Butuh proses yang benar-benar serius untuk mewujudkannya.

Jika anda ingin memulai bisnis dibidang fashion inilah beberapa referensi hal yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis dibidang fashion industri.

  • Merencanakan konsep yang matang

Industri mode memiliki cita rasa yang berbeda dari industri bidang lainnya. Nyawa mode berada pada trend dan keindahan. Oleh karena itu penentuan konsep adalah jalan utama agar bisnis fashion tidak mandek karena terus mengikuti trend yang tiada habisnya. Mengikuti gaya terbaru memang sah-sah saja, namun akan memakan banyak waktu dan uang jika anda terus merubah ritme anda sesuai pasar.

Hal yang berbeda jika anda memiliki konsep sendiri. Konsep yang anda pilih akan menjadi landasan anada untuk bertahan pada gelombang pasar mode yang kian berubah-ubah. Konsep yang matang juga bisa membantu anda menentukan ciri khas pada produk anda. Konsep membantu anda untuk konsisten menjaga ciri khas

  • Menentukan target pasar

Menentukan target pasar memang menjadi kewajiban bagi anda jika ingin memulai bisnis apapun. Begitu pula pada fashion. Meskipun mode adalah seni menggunakan pakaian yang digemari siapapun, namun anda tetap harus menentukan target pasar agar prosesi selanjutnya lebih terarah yakni pemasaran dan branding image.

Menentukan target market juga membantu anda untuk memetakan potensi produk anda terjual pada pasar, juga menentukan model seperti apa yang pas untuk dipasarkan. Misal jika anda menargetkan perempuan menengah ke atas yang aktif dan fashionable, anda pasti akan menyesuaikan selera kelompok-kelompok tersebut agar penjualan anda lebih terarah.

  • Buat representasi yang menarik dan berciri khas

Pernahkan anda menjelajahi jejaring sosial kemudian menemukan beberapa clothing line dengan foto atau video yang menarik hati? ya itu adalah salah satu contoh dari representasi produk. Representasi juga harus menganut konsep yang sama dengan target pasar dan konsep awal fashion business anda.

Misal, jika anda segmentasi pasar anda adalah remaja, dan menengah, dan pecinta gaya vintage atau edgy, sangat tak masuk akal jika anda menggunakan raisa sebagai modelnya. Jelas, karena raisa tak merepresentasikan gaya edgy dan vintage. Raisa lebih mewakili cita rasa jazz, classic, dan anggun. Kualitas baju yang premium dan pricey.

Gunakan representatif yang mendukung konsep juga target market anda. Dengan representasi yang baik dan menarik, calon customer anda juga tidak akan menaruh kepercayaan yang besar terhadap brand anda. Representasi juga bisa anda gunakan sebagai ciri khas anda. Cara pemasaran yang berbeda mampu membantu anda untuk menemukan loyalitas customer.

  • Logo brand yang khas tapi tetap simple

Selain representasi berupa fotografi, design, dan videografi, logo juga merupakan cerminan identitas yang harus anda pikirkan dengan matang. Membuat logo bukan hal yang mudah memang, perhitungan filosofi, patut dipertimbangkan. Logo adalah bagian dari komunikasi antara gagasan utama dari konsep bisnis anda dengan calon customer atau customer.

Maka dari itu, pengerjaannya juga dibutuhkan usaha yang maksimal. Memikirkan makna yang terkandung dalam logo adalah bentuk identitas perusahaan terhadap khalayak ramai. Logo juga menentukan nilai dari produk yang anda keluarkan. Sudah mulai memikirkan logo clothing line anda?

  • Pasarkan melalui Internet

Di revolusi industri 4.0 saat ini semua lini perdagangan mengalami perubahan metode pemasaran. Tak terkecuali dengan bisnis di bidang mode. Karena pengguna internet kian marak, dan perputaran transaksi jual beli juga meningkat, maka internet menjadi ladang khusus untuk anda meraup keuntungan lebih besar.

Anda bisa memulai dengan memanage akun sosial media official yang biasa anda gunakan. Namun menentukan sosial media juga harus dibarengi dengan analisis audience pada platform media sosial itu. Anda bisa meminta bantuan ahli sosial media management yang berkompeten dan sudah berpengalaman untuk mengetahui sosmed apa yang lebih pas untuk branding produk anda.

Dengan persiapan-persiapan di atas, berbisnis di bidang mode ini tak akan lagi sulit. Namun jika anda tak memiliki banyak waktu dan ingin segera memiliki bisnis fashion dengan brand anda sendiri, mudah sekali, anda tinggal menggunakan layanan jasa branding builder atau konsultan bisnis. Waktu anda tak akan terbuang untuk mengerjakan pelbagai banyak hal, namun bisnis anda akan tetap berjalan pada tangan yang tepat, dan sesuai dengan prediksi anda. yuk berani memulai?

5 Langkah Memulai Bisnis Fashion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top