5 Macam Bisnis Untuk Pemula

Menjadi entrepreneur memang bukan perkara gampang, untung dan rugi harus sudah dipikirkan. Belum lagi potensi gagal juga harus anda hadapi di tahun-tahun awal mendirikan perusahaan. Namun anda jangan khawatir, mendirikan sebuah perusahaan tidak harus merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan  banyak waktu.

Ada banyak pilihan untuk memulai perjalanan bisnis anda. anda bisa membangun bisnis tanpa dihantui resiko yang kerap membuat jantung kalian was-was sampai akhirnya tidak ingin memulainya lagi. Sebelum memulainya jangan lupakan research dan memperbanyak referensi bisnis dari pelbagai sumber.

Menggunakan jasa konsultan bisnis juga memperkecil resiko kegagalan anda dalam berbisnis. Konsultan akan memberikan anda solusi bisnis sesuai dengan keuangan anda dan perkembangan bisnis. Keahliannya dalam management resiko dapat membantu anda untuk mengambil keputusan-keputusan yang akan datang.

Namun jika anda masih belum bingung dan ingin segera memulai bisnis yang minim resiko, berikut adalah 5 macam bisnis yang wajib anda coba.

  • Dropshipper

Dropshipper adalah jenis bisnis yang bisa dikerjakan oleh siapapun, minim resiko dan tak membutuhkan banyak modal. Meskipun begitu anda harus pintar-pintar memilah toko online agar tidak tertipu nantinya. Cara kerja dropshipper terbilang amat mudah, karena anda hanya harus memposting ulang gambar atau foto dari toko online yang bekerja sama dengan anda.

Jika sudah ada yang tertarik dan memesan produk yang anda promosikan, langkah selanjutnya adalah menyetor data calon customer anda pada partner toko online. Setelahnya anda tinggal menunggu uang mengalir ke rekening pribadi. Mudah kan?

  • Reseller

Reseller adalah solusi terbaik bagi siapaun yang ingin memulai bisnis dalam bidang apapun, dengan resiko seminimal mungkin. Berbeda dengan dropshipper, anda akan lebih banyak menyetok barang dari toko online. Pada beberapa toko online, sistem stock dan standar harga penjualan biasa diterapkan untuk menjaga ritme dan pembagian bonus.

Pada toko online yang berbeda, untuk menjadi reseller anda harus mengisi beberapa data penting yang ditujukan untuk beberapa keperluan, salah satunya adalah mengirimkan bonus dan melindungi anda dari toko online palsu. Beberapa toko online memberlakukan sistem bonus reseller hampir serupa dengan member get member.

  • Jastip

Siapa di antara anda yang sering dititipkan sesuatu saat liburan ke luar kota atau ke luar negeri? Jika iya ini adalah kesempatan anda, untuk membuka peluang bisnis dibidang jasa penitipan. Sambil menyelam minum air kan?

Ya, belakangan ini jasa titip barang sangat marak di sosial media, selain karena jenis bisnisnya yang terbilang mudah dan menarik, jastip ditenggarai memiliki daya tarik tersendiri, karena customer bisa request barang yang mereka inginkan. Caranya cukup mudah, anda hanya harus mendata barang-barang yang ingin customer beli, membelikannya, kemudian menghantarkan pada pemilik barang, keuntungan akan anda dapatkan dari tips yang di berikan oleh customer

  • Made by order

Made by order, pre-order atau custom, sering berlalu lalang pada sosial media kita ya? Nah, ini adalah salah satu dari bisnis yang minim resiko juga, dan cocok untuk anda para pemula. Dengan sistem bayar dahulu, made by order menyelamatkan anda yang tak punya modal besar untuk menyetok barang seperti reseller.

Customer made by order atau akrab dikenal sebagai pre-order, akan dimintai data dan jumlah barang yang akan ia beli, kemudian jika sudah tak ada lagi perubahan customer berkewajiban untuk mentransfer terlebih dahulu biaya pembuatan dan pengiriman produk tersebut. Untuk anda yang belum terbiasa menghitung laba rugi, bisa memulainya dengan berbisnis menggunakan sistem made by order. 

  • Paid promote

Meskipun terlihat remeh, namun bisnis paid promote lumayan menjanjikan. Maraknya toko online di sosial media juga menjadi penyebab bisnis ini muncul. Tak hanya itu, acara-acara seni atau event besar bahkan menggunakan jasa paid promote ini.

Paid promote bak papan iklan online yang bisa mendatangkan calon-calon pembeli baru dari pelbagai kalangan. Cara kerjanya juga terbilang sederhana, anda bahkan tak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Cukup membuat poster dan promo semenarik mungkin, jangan lupa untuk lebih menargetkan toko-toko online sebagai salah satu calon customer.

Jika tidak ingin setengah-setengah dalam menjalani bisnis walau pun anda pemula, anda bisa memulai untuk bertukar pikiran dengan orang-orang yang ahli pada bidangnya, seperti konsultan bisnis, konsultan branding, atau management sosial media. Dengan berdiskusi anda akan mendapatkan saran-saran yang tak akan membuat anda menyesal.

Ada banyak sekali pilihan untuk memulai bisnis bukan? Setiap perjalanannya pasti akan kita dapati kesukaran. Namun munculnya masalah bukan untuk kita hindari, mereka hadir untuk menumbuhkan proses anda mencapai target tertentu. Sudah siap untuk memulai perjalanan bisnis anda?

5 Macam Bisnis Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top