Apa Itu Digital Marketing?

marketing-digital

Istilah digital marketing mungkin tidaklah asing di telinga anda. Maraknya motivator bisnis menggaungkan program digital marketing juga mempengaruhi seringnya kalimat ini kita dengar. Baik itu dalam acara seminar-seminar bisnis, maupun pamflet yang kerap beredar di dunia maya. Namun yang menarik adalah, DM (Digital Marketing) tidak hanya menjadi bahan trend, kemahsyurannya melejit karena efektifitas yang ia miliki.

Mulai dari dompet digital, transaksi online, hingga membayar tagihan pun tak perlu lagi keluar rumah. Inilah keistimewaan dunia digital, kita tak perlu lagi bersusah payah dalam mengerjakan kepentingan kita. Dunia seakan berada di ujung jari.

Bahkan untuk mengakses berita, anda tak perlu keluar rumah mencari koran. Anda hanya perlu buka ponsel pintar anda dan mengetikkan laman resmi portal berita yang anda mau. Jauh lebih mudah dan efektif bukan?   

Di era digital, kita dituntut untuk serba cepat, praktis, dan efektif dalam melakukan sesuatu. Evolusi peradaban ada dimana-mana sejak internet dikenalkan. Hal ini terbukti, dengan pelbagai sektor yang berubah seiring perkembangan zaman.

Apa yang tidak di digitalisasi hari ini? Belanja, alat transportasi, bahkan lembaga bimbingan belajar pun sudah mengalami revolusi digital. Hal ini juga menyasar sektor perdagangan, yakni bisnis dan cara memasarkan produk.

Ya, digital marketing adalah jawaban dari tuntutan efektifitas dan efesiensi yang sekarang kita hadapi di era digitalisasi. Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep ide, harga, promosi dan juga distribusi.

Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen, (kleindle and burrow 2005). Dalam artian memasarkan produk atau jasa melalui internet.

Lalu apa yang mendasari digital marketing ini adalah cara yang efektif untuk berbisnis di era digitalisasi? Dilansir dari okezone.com penetrasi pengguna internet mencapai 171,17 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia 264,16 juta orang.

Dengan demikian, persentase pengguna internet di Indonesia pada tahun lalu mencapai 64,8 persen. Pertumbuhan yang cukup signifikan untuk negara yang baru saja tersentuh oleh internet seperti indonesia.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai angka ratusan juta jiwa, tidakkah anda ingin mereka semua mengenal barang atau jasa yang anda tawarkan? Ya, pengguna internet yang kian padat cukup menjelaskan bahwa internet adalah ladang empuk untuk melancarkan strategi pemasaran anda.

Tak hanya itu, akses yang tak terbatas juga menjadi nilai plus untuk berkembangkan bisnis anda. anda berpotensi untuk tidak hanya mendapatkan pelanggan dari dalam negri sahaja, melainkan juga luar negri.

Tak berhenti sampai disitu, digital marketing juga memiliki keunggulan tersendiri di luar dari penggunaannya yang bergantung pada internet. Digital marketing jauh lebih hemat biaya dan praktis.

Anda tak perlu memesan baliho, atau banner dalam jumlah banyak agar iklan anda dilihat banyak orang. Selain itu, komunikasi dengan calon customer yang lebih mudah dan personal mampu meningkatkan daya jual produk anda.

digital-marketing

Sistem beriklan melalui internet juga sudah menemui kemudahan yang sangat membantu menghemat waktu anda dalam bekerja. Anda dapat dengan mudah menentukan target pasar anda. Ya, pada fitur ads saat ini anda sudah bisa mendeteksi umur berapa saja yang melihat postingan kita, hingga gender dan waktu efektif untuk beriklan pun sudah tersedia pada fitur ads mainstream. Mudah bukan?

Lalu apakah yang harus kita perhatikan dalam proses melakukan digital marketing? Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas bagaimana cara beriklan dengan baik.

Pada sub bab artikel tersebut telah kami kupas lebih dalam tentang langkah-langkah sebelum melakukan pemasaran. Salah satunya yakni menentukan target market terlebih dahulu.

Target market adalah suatu kelompok konsumen yang menjasi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah acuan utama sebuah perusahaan dalam menjual barang atau jasa yang mereka punya.

Mengapa kita harus benar-benar menentukan target market? Sebab target market membantu anda untuk menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas.

Selain itu anda juga akan menemukan dan membandingkan kesempatan pasar, dan yang paling penting adalah anda dapat menciptakan daya tarik dibidang pemasaran.

Mau jenis apapun barang atau jasa yang akan anda jual, selagi pemasaran anda tepat dan benar, maka target market anda akan terpenuhi. Melihat demikian urgennya, tak bisa dipungkiri jika target market harus harus tetap direncanakan dengan matang.

Hal-hal di atas memang memakan cukup banyak waktu, apalagi bagi anda yang memiliki pekerjaan lain selain berbisnis. Di antara waktu yang sempit itu, tentu anda tetap mengharapkan semua sumber menghasilkan air bukan? jangan khawatir, karena saat ini anda dengan mudah menemukan jasa digital marketing yang dapat membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan anda. Segera tentukan langkah bisnis anda.

Apa Itu Digital Marketing?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top