Benefit Punya Usaha Sendiri

Apakah di antara anda masih bekerja di perusahaan orang lain? Mungkin sebagian orang lebih memilih untuk menjadi karyawan kantoran karena pelbagai hal. Misalnya karena tidak susah-susah mengatur perputaran uang. Alasan lain adalah karena malas memulai atau menggalih potensi yang lain. Menjadi entrepreneur memang membutuhkan keberanian untuk mencoba hal baru.

Membangun bisnis memang tidak mudah, namun bukan berarti anda tidak bisa memulainya bukan? dengan berbisnis anda akan mengetahui bagaimana anda melewati batasan kemampuan anda secara bertahap. Berbisnis juga mampu mengantarkan kemampuan ekonomi anda pada level yang berbeda. Ada banyak benefit yang bisa anda dapatkan dari memulai bisnis sendiri, apa sajakah itu?

  1. Kita adalah bosnya

Bisa bayangkan jika anda mulai bekerja di jam yang anda tentukan sendiri? Tidak terikat dengan waktu dan pakaian yang formal adalah impian setiap karyawan bukan? bayangkan anda bekerja dengan hanya mengenakan kaos atau sandal ke kantor, menjadi bebas memang menyenangkan ya! Tak hanya itu, perputaran keuangan perusahaan baik itu pendapatan dan pengeluaran juga ditentukan oleh keputusan anda semata.

Tidak akan ada yang melarang atau menanti pertimbangan yang tak kunjung pasti bukan? selain itu tak akan ada orang yang memerintah anda atau terbayang-bayang dengan pemecatan sepihak. Meskipun anda bekerja dengan bebas dan tak terikat formalitas, akan lebih bijak jika anda tetap bekerja sesuai dengan target yang anda tentukan. Hal ini diperlukan, agar bisnis anda berjalan sesuai rencana.

  • Melatih Kemandirian

Membangun bisnis dengan tangan sendiri berarti anda sedang melatih pribadi anda mengerjakan pelbagai hal secara mandiri. Mulai dari mempersiapkan modal, memikirkan strategi pemasaran, mengevaluasi berjalannya bisnis anda, sampai menentukan partner bisnis yang sesuai dengan usaha yang sedang anda kerjakan. Anda bisa melakukan hampir seluruh kegiatan yang jarang anda lakukan saat anda bekerja untuk orang lain.

Anda tidak akan mendapatkan kesempatan melakukan strategi branding jika anda berada pada posisi akuntan. Perbedaan divisi ini menghambat potensi terpendam anda sebagai seorang entrepreneur. Dengan menjadi pebisnis, secara tidak langsung anda akan melatih kemampuan lain, namun perlu diingat jika bukan hanya kesempatan gemilang yang anda dapat, tapi juga tangguang jawab besar sudah menanti anda.

Berjalan tidaknya bisnis anda bergantung pada bagaimana anda mengelolah segala sisi dari badan bisnis itu sendiri. Maka dari itu, mempelajari banyak hal adalah hal wajib yang tak bisa ditolak bagi pebisnis pemula. Namun di era revolusi industri ini, anda tak perlu khawatir tidak bisa  mempelajari segala bidang yang terkait bisnis-berbisnis dalam waktu sekejap. Karena ada banyak penyedia jasa marketing planner dan branding builder yang bisa menjadi business buddy anda dalam menjalankan bisnis.

  • Membuka Lapangan Pekerjaan

Bukan hanya membantu anda secara pribadi, namun juga orang sekitar. Dengan memulai bisnis, berarti anda membantu mengurangi angka pengangguran di Negeri anda sendiri. Membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Selain memberi kesempatan orang lain untuk bekerja, anda juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang yang mereka senangi.

Jika bisnis anda semakin berkembang maka anda akan membutuhkan lebih banyak lagi karyawan. Perekrutan karyawan mungkin bisa anda awali dengan bidang pemasaran atau keuangan, terkadang kedua hal tersebut membutuhkan orang-orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

  • Memikili Waktu Lebih Banyak Dengan Keluarga

Pernahkah anda jalan-jalan ke mall atau ketempat wisata bersama keluarga di luar hari libur? Ya, menentukan waktu yang pas untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga memang sulit bagi karyawan. Namun tentu tidak bagi pebisnis. Karena tak terikat perjanjian kerja, maka anda bisa sesuka hati berlibur kapanpun anda mau.

Point plusnya adalah anda bisa menghabiskan waktu dengan keluarga kapanpun tanpa harus meminta izin cuti berlibur pada pimpinan. Meremote pekerjaan juga bisa anda lakukan saat bersama keluarga, moment bersama keluarga tak akan terlewatkan karena bekerja. Bahkan dengan berbisnis, selain memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga anda juga tetap bisa bekerja dan menghidupi orang-orang yang anda cintai.

  • Bebas Berkreasi dan Berinovasi

Ketika anda berani untuk membangun bisnis anda sendiri, anda sejatinya sudah berani untuk berkreasi dan berinovasi sendiri, tanpa ada bayangan takut tertolak oleh pimpinan. Anda adalah penggerak utama roda bisnis yang sedang anda geluti. Tanggung jawab besar untuk mempertahankan bisnis, sepenuhnya berada di tangan anda.

Akan tetapi, memulai semua itu butuh lapang dada, ketekunan, dan pantang menyerah untuk melakukannya. Dengan banyak evaluasi dan mengupgrade kemampuan, anda akan dengan cepat mendapat peluang yang lebih besar untuk mengembangkan bisnis anda. Dengan usaha dan kerja keras tentu bisnis anda akan semakin maju, dan siapa tahu, di kemudian hari produk atau jasa yang anda jual akan semakin terkenal hingga melampaui profit dambaan.

Begitu banyak keuntungan yang akan anda dapatkan dari membuka bisnis sendiri. Namun mengapa masih banyak orang yang enggan untuk memulai bisnisnya? Ada banyak faktor yang menjadi kendala cukup serius dalam pertimbangan masing-masing individu. Mungkin juga karena takut memulai sesuatu yang sama sekali baru, persiapan yang kurang matang dan pengetahuan tentang berbisnis tak begitu mumpuni.

Apakah kendala anda sama? Jika memang benar maka bisnis konsultan dan branding builder adalah sahabat yang pas untuk memulai perjalanan berbisnis anda. Tak jarang orang yang mempertanyakan kebutuhan menyewa jasa bisnis konsultan. Padahal dengan adanya bisnis konsultan anda akan terhindar dari resiko gagal yang fatal. Apalagi jika bisnis konsultan anda sudah mempunyai banyak pengalaman dibidangnya, seperti Sarana Selaras Media. Sarana Selaras Media (#SSM) memiliki kapasitas untuk membantu bisnis anda berkembang pesat, tak hanya menjadi konsultan, jika anda memerlukan tenaga untuk mengatur sosial media dan website resmi, #SSM juga bersedia untuk membantu anda. Tunggu apa lagi, yuk mulai berbisnis.

Benefit Punya Usaha Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top