Cara Membuat Konten Instagram High Engagement

Di jaman digitalisasi konten adalah hal sangat krusial yang harus dipikirkan oleh para pebisnis. Apalagi jika bisnis tersebut hendak menyentuh pasar maya. konten adalah satu-satunya senjata untuk bersaing di tengah persaingan pasar.

Platform resmi yang dipilih tentu harus disesuaikan dengan konten dan bisnis yang sedang digeluti, meskipun banyak bisnis yang tetap cocok dimasukkan pada platform apapun, namun tak memungkinkan, ada beberapa bisnis yang lebih cocok dengan platform tertentu.  

Instagram,adalah platform (media) yang terbilang cocok dengan pelbagai jenis bisnis. Utamanya bisnis fashion dan makanan. Akan tetapi tentu meskipun cocok digunakan sebagai platform berbisnis, mendapat engagement pada instagram bukanlah hal mudah. Ada banyak trik yang harus dipraktikkan untuk mencapai engagement tertentu.

Mulai dari waktu hingga hastaging, adalah beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk mencapai hasil tertentu. Tak semua orang mampu memanfaatkan instagram secara optimal. Bukan karena product knowladge yang masih kurang. Akan tetapi, tahapan ritual dalam instagram yang tak semua orang memahaminya.

Tentu menggunakan instagram tools dalam berbisnis sangat dianjurkan. Apalagi saat ini, instagram sudah dilengkapi dengan fitur business yang sangat lengkap, dimana ia sangat memudahkan siapapun untuk memulai berbisnis dalam platform instagram. Dalam artikel kali ini kita akan membahas, apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan engagement dalam instagram.

  • Tingkatkan intensitas upload

Banyak yang tak mengerti bahwa intensitas dari waktu upload sangatlah membawa dampak yang begitu signifikat. Tak hanya banyak konten, jam tayang juga harus dipikirkan dengan baik. Maka dari itu, riset keaktifan followers instagram harus dilakukan secara berkala.

Konsistensi upload pada instagram diwaktu yang sama adalah hal yang penting, karena ia bertepatan dengan jam dimana followers anda sedang aktif di instagram. Usahakan untuk tetap disiplin pada waktu, karena itu sangat berefek pada jumlah interaksi yang akan anda dapatkan tiap postingannya.

  • Kualitas konten yang tak monoton

Setelah menepati jadwal-jadwal yang sudah anda buat sendiri, anda juga perlu memikirkan kualitas konten. Kualitas konten yang bagus dan menarik tentu tak hanya meningkatkan engagement, tapi juga daya beli dari calon customer anda. dengan begitu, bisnis anda akan berkembang di dunia digital.

Originalitas juga sangat berpengaruh dalam perkembangan angka penjualan. Konten yang orisinil akan selalu mendatangkan ketertarikan tersendiri bagi audiens. Selain berbeda dengan yang lain, ia juga merupakan daya tarik tersendiri yang akan mendatangkan atensi pada akun bisnis anda.

  • Merefresh hastag

Jika anda belum melakukan hastaging, tentu anda harus mulai mencobanya sekarang juga. Apabila hastaging sudah anda lakukan, me-refresh hastag harus anda lakukan tiap bulannya. Mengapa ? karena hastag layaknya tranding, ia akan selalu berubah dan bergeser dengan topik baru.

Mengganti hastag juga tak boleh sembarangan, ia harus dibarengi dengan analisis yang matang, dan tak boleh terlepas dari topik utama bisnis anda. karena banyak orang yang akan mencari sesuatu melalui hastag, hastag lama yang terlanjur usang tak akan meningkatkan engagement pada akun bisnis anda, dan akan menjadikan ia kegiatan yang sia-sia.

  • Evaluasi tiap bulan

Evaluasi Tak hanya dilakukan terhadap hastag. Konten dan jam tayang serta materi promosi, juga harus terus dijalani secara berkala. Karena kita sudah memasuki era digitalisasi yang menuntut kita untuk selalu melakukan pembaruhan dengan cepat dan tepat, kita juga dipaksa untuk tak kalah kreatif dan inovatif dengan konten creator yang lainnya.

Tentu evaluasi pada konten dan beberapa hal ini membutuhkan bantuan ahli, seperti branding builder dan analisis market. Melakukan evaluasi tanpa analisis merupakan tindakan terjun bebas, tanpa parasut. Anda tak akan mencapai target dengan tepat, petaka justru yang akan anda jumpai.

  • Buat promo

Promo merupakan senjata ampuh untuk terus mempertahankan dinamika akun bisnis anda. siapa yang tak tertarik dengan embel-embel murah dan potongan harga. Tentu siapapun yang mendengarnya akan tertarik dan menaruh perhatian khusus pada postingan anda soal promo tersebut.

Promo juga mampu menarik customer-customer baru dan mempertahankan loyalitas cutomer lama anda. Dengan customer, intensitas followers anda juga akan meningkat, bahkan akan menambah angka followers.

Hal ini tentu tak hanya berdampak pada engagement, ia juga berdampak pada angka penjualan anda tiap bulannya. Promo juga bisa anda jadikan sebagai strategi menaikkan omset penjualan jika dalam bulan itu anda mendapati kerugian atau minus.

  • Perbanyak interaksi dengan followers

Interaksi dengan followers terkadang dirasa kurang penting kehadirannya, namun tahukah anda, ternyata intensitas anda dengan followers juga membawa dampak yang cukup signifikan. karena interaksi adalah salah satu hal yang bisa membuat followers anda merasa mendapatkan tempat yang special pada akun bisnis anda.

Memperbanyak interaksi tentu ada beberapa cara, seperti membalas komentar pada postingan-postingan anda, menyukai postingan komentar customer pada postingan anda dan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada direct message akun bisnis anda juga termasuk interaksi. Sudahkah anda mencobanya?

  • Keajaiban give away

Give away atau memberikan hadiah secara cuma-cuma pada followers dan partisipan pada acara yang anda laksanakan. Siapapun pasti mencintai hal-hal gratis! Apalagi jika itu adalah produk yang bagus dan baru saja anda keluarkan. Atensi followers tentu akan meningkat sesuai dengan keinginan.

Tentu hal ini harus dibarengi dengan usaha anda dalam mengcounter konten semenarik mungkin dan daya dukung dari pembangunan interaksi yang sudah anda lakukan sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan engagement platform instagram bisnis anda. tentu melakukan prosesi tersebut membutuhkan effort lebih, karena kegiatan yang dilakukan secara intens dan berkala.

Maka dari itu, jasa ahli dalam branding builder di era digital tentu sangat menguntungkan bisnis anda. dengan menggunakan jasa branding builder anda akan banyak menghemat waktu, dan upaya pembangunan branding akan lebih optimal juga tepat sasaran.

Cara Membuat Konten Instagram High Engagement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top