Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Buat Website

Memiliki website merupakan sebuah keharusan bagi bisnis di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini. Perubahan pola cara bertransaksi jual beli telah mempengaruhi sistem perekonomian kita. Oleh karenanya memiliki platform resmi di dunia maya adalah sebuah kewajiban bagi setiap pebisnis, apapun bidangnya.

Website adalah salah satu jendela representasi dari perusahaan anda. maka dari itu kondisi website harus selalu prima dan cantik. Dengan begitu rasa percaya customer terhadap perusahaan anda akan semakin meningkat. Selain itu pengelolahan isi website juga perlu dilakukan secara bertahap. Konsistensi dalam mengisi konten juga diperlukan, agar website terus terbarukan.

Lalu bagaimana cara membangun website dari nol? Apa sajakah langkah-langkah yang harus kita perhatikan ketika kita hendak membangun website resmi untuk perusahaan anda? dan bagaimana kita membangun image perusahaan agar sesuai dengan segmentasi pasar melalui platform website? Berikut ulasan hal-hal yang bisa anda lakukan untuk memulai website resmi anda. yuk simak..

  • Tentukan konsep web

Menentukan konsep website sama halnya dengan menentukan konsep besar bisnis. Meski terlihat mudah karena konsep website harus sama dengan konsep bisnis yang diusung, namun ternyata tak semudah itu. Mengilustrasikan konsep secara visual dan grafis juga harus diperhitungkan.

Penyampaian informasi pada website juga harus disertai gaya bahasa dan framing yang sesuai dengan konsep besar bisnis anda. perencanaan ini tentu membutuhkan analisa yang tajam dan cermat, agar tak keluar dari segmentasi pasar yang sudah anda rencanakan.

  • Tema dan background website

Tema sedikit berbeda dengan konsep bisnis, anda harus menentukan landasan pacu bagi isi konten yang ada di dalam platform website resmi anda. Penentuan warna hingga  tatanan website juga diperlukan.

Tema tulisan juga menjadi faktor penting dalam keseluruhan tampilan website. Karena dengan begitu website akan lebih bagus dan representatif. Website yang presentable bisa membuat calon pelanggan anda memberikan kepercayaan kepada anda.

  • Isi website

Isi website adalah item utama dalam pengembangan website. Sebagai pebisnis anda berkewajiban untuk menentukan, apa-apa saja yang akan anda tampilkan pada publik tentang perusahaan anda. Pembangunan citra bisa dilakukan sembari merancang seperti apa baiknya tampilan website anda.

Misal, dalam website anda, ada beberapa artikel yang ditampilkan sesuai dengan ide atau konsep yang senada dengan bisnis anda. Penambahan contact person atau cara memesan produk yang anda jual pada website itu adalah salah satu opsi yang bisa anda pertimbangkan untuk dimasukkan dalam kolom website anda. Unsur  pendukung yang bisa pembangunan citra perusahaan sangat mungkin untuk dimasukkan dalam platform website anda.

  • Fungsi website

Membangun website juga berarti membangun fungsi dan tujuan dari website tersebut. Bisa jadi website adalah salah satu jalan anda membangun branding sekaligus memperlebar mangsa pasar itu sendiri. Ketika semua fungsi dan tujuan pembuatan website itu sudah terlaksana. Maka anda tak akan sulit untuk mengembangkan perusahaan anda melalui dunia maya.

Menentukan fungsi juga membantu anda konsisten dalam mengisi website yang sesuai dengan tema besar. Dengan kepastian fungsi isi website tidak akan bias atau keluar jalur. Konsistensi selalu bisa mendapatkan loyalitas customer.

  • Visualisasi website

Visual adalah sebuah rangkaian proses penyampaian pesan dan informasi dengan media berupa gambar atau grafis, animasi yang bisa dilihat dengan indra penglihatan. Melalui visual kita juga bisa melihat bagaimana representasi perusahaan tersebut. Maka dari itu peran visual sangatlah penting untuk membangun website.

Visualisasi website ini meliputi, fotografi, logo, dan layout dan banyak hal yang bisa mendukung representasi branding produk yang sedang anda kenalkan pada khalayak. Tak terbatas disitu, anda juga bisa memasukkan unsur visual lain, contoh seperti jika anda memiliki bisnis fashion, make up pada model anda juga masuk dalam visualisasi website dan bagian dari fotografi.

  • Konsultasi

Banyak hal yang harus kita perhatikan dalam hal membangun citra branding pada perusahaan. Akan memakan banyak waktu dan tenaga jika anda harus mempelajarinya satu per satu. Berkonsultasi pada branding builder menjadi salah satu solusi, ketika anda tak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal tersebut.

Berkonsultasi dengan branding builder adalah jalan pintas menuju kesuksesan dalam berbisnis, termasuk dalam hal membangun citra melalui platform resmi seperti website. Dengan pengalaman dari branding builder, tentu pendapat mereka mempunyai dasar yang sangat penting untuk memperlebar sayap bisnis anda.

Berkonsultasi juga membantu anda mendapatkan insight baru yang sama sekali berbeda dari anda. Tentu itu sangat penting untuk perkembangan bisnis anda secara pribadi. Dari konsultasi tersebut bisa jadi ini adalah salah satu pertimbangan keputusan dalam hal berbisnis.

Sarana selaras media, adalah salah satu branding builder yang ada di Surabaya. Kiprahnya dalam membangun branding melalui platfrom resmi seperti website dan sosial media tidak perlu dipertanyakan kembali. Bersama tim selaras media, anda tidak akan menemui kekecewaan dalam hal membangun branding yang sesuai dengan keinginan anda. Mari bangun branding platform anda?

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Buat Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top