Inilah Sebab Musabab Gagalnya Pemasaran

pemasaran-kekinian

Pemasaran merupakan kunci utama bisnis kita berkembang, selain itu dengan pemasaran yang tepat juga mampu membuat kita mencapai target market yang telah kita tentukan. Pemasaran adalah tiang utama penentu perusahaan itu tetap ada atau kandas di tengah jalan.

Maka dari itu penting bagi pemilik bisnis atau praktisi marketing mengetahui ilmu atau teknik memasarkan barang dengan baik dan tepat.

Pernahkah anda bertanya kepada diri anda sendiri, mengapa anda kerap gagal dalam hal pemasaran? Mengapa demikian sulit untuk mencapai target penjualan? Apa yang kiranya menghambat anda dalam melancarkan strategi yang sudah anda rencanakan untuk mendapatkan customer? Tak jarang di antara kita merasa sudah melakukan pelbagai hal untuk mencapai target penjualan, namun masih saja gagal.

Barangkali, kesulitan yang anda hadapi sekarang adalah akibat dari kebiasaan anda pribadi yang berdampak pada cara bekerja anda. Bagaimana bisa? Kebiasaan apa sajakah itu? Dalam artikel ini mari kita kupas perlahan tentang apa saja yang harus kita hindari agar penjualan kita terus meningkat, dan memperluas jaringan.

Attitude

Salah satu dari hal yang paling krusial dalam melakukan kegiatan jual beli atau penawaran barang maupun jasa yakni attitude (sikap) kita. Sikap adalah hal utama yang diperhatikan oleh calon pembeli.

Tingkah laku menjadi sangat penting apalagi jika anda menawarkan produk atau jasa anda pada orang indonesia yang kental dengan budaya timurnya.

Meskipun begitu, di eropa attitude juga menjadi faktor utama penentu kesuksesan. Lalu kapan sopan santun ini penting kita gunakan? Jawabannya adalah kapanpun.

Kesopanan tidak melulu bicara soal tindak tanduk, namun ia juga bicara soal jam kita bertamu, cara berpakaian kita dan bagaimana kita menjaga privasi atau batasan antara anda dengan calon customer anda. hindari pertanyaan basa-basi yang bersifat pribadi.

Mengetahui Produk Knowledge

Ini tak kalah penting dengan menjaga sopan santun. Apa gunanya jika sopan santun sudah kita terapkan tapi informasi tentang produk yang akan kita jual tak kita kuasai sepenuhnya.

Sungguh hal yang percuma bukan? kita sudah menjaga tindak tanduk kita, namun pemahaman tentang produk yang akan kita tawarkan hanya 50% atau bahkan di bawahnya.

Memahami product knowledge bukan hanya tentang apa saja benefit dari produk yang anda tawarkan, namun ia lebih berbicara soal akar dari produk tersebut.

Katakanlah produk yang anda jual adalah kopi on the go, selain benefit dari produk anda, anda juga harus mengetahui jenis-jenis kopi, bahkan memahami bagaimana kopi di olah dan bagaimana memilah kopi yang baik. Dengan begitu anda akan dikenal sebagai penjual yang kompeten, juga ahli dalam bidangnya.

Tak hanya itu, anda juga mampu membedakan mana produk yang baik dengan mana yang tidak. Dengan begitu rasa percaya customer terhadap anda akan semakin meningkat, dan hal ini mampu menunjang proses pencapaian target marketing anda.

Rendahnya Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah kunci utama dalam pekerjaan, terlepas dari apapun pekerjaan anda. Jangankan bekerja, dalam kehidupan sehari-hari pun kita selalu menggunakan komunikasi sebagai alat untuk berinteraksi dengan sesama manusia.

Proses penyampaian pesan ini akan sangat efektif dalam bisnis bila anda memahami bagaimana cara berkomunikasi dengan tepat. Komunikasi bukan hal yang sederhana, seni bertutur kata ini mampu mempengaruhi bagaimana orang menilai anda dan produk atau jasa yang anda wakili dari komunikasi anda selama ini.

Sebagai contoh, Katakanlah anda adalah promotor acara konser musik bertema jazz. Anda mencoba untuk mempromosikan acara tersebut, sudah pasti anda akan membidik orang-orang yang menyukai jenis musik jazz, dan akan menyampaikan informasi itu dengan gaya tutur bahasa yang sesuai dengan para pecinta jazz. Cara membungkus iklan acara musik tersebut juga pasti akan disesuaikan dengan branding image musik jazz yang terlihat classy.

pemasaran-digital

Contoh komunikasi yang gagal adalah ketika anda berjualan alat masak murah misalkan, lalu anda memperkenalkan alat masak itu dengan bahasa-bahasa atau istilah-istilah asing dan kurang dipahami oleh calon customer anda yang notabene tak begitu mengerti dengan bahasa asing tersebut, sudah jelas dagangan anda tak akan mencapai target market yang sudah anda tentukan.

Penggunaan bahasa dan gaya promosi sangatlah berpengaruh pada hasil penjualan anda. Penyesuaian bahasa dengan target marketing anda adalah faktor yang tak boleh anda lewatkan dalam beriklan.

Terlalu Memaksa Calon Customer

Terkadang pemasaran menjadi satu langkah yang paling melatih kesabaran dan kecakapan kita loh. Bagaiamana tidak, dalam dunia pemasaran di tolak dan gagal dalam melancarkan strategi sudah menjadi makanan sehari-hari, himpitan antara target market dan penolakan sudah pasti akan anda jumpai. Namun jangan sampai anda melakukan pemaksaan terhadap calon customer!

Ya, target bulanan yang tak sesuai dengan tingkat kemampuan sering kali membuat para praktisi marketing memilih jalur nekat, yaitu terlalu memaksa calon customer untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Alhasil calon customer akan cenderung menghindar dan malas mendengar penjelasan anda lebih lanjut.

Coba anda bayangkan jika anda di posisi sang calon customer, katakanlah anda ingin membeli baju, jika marketing itu terlalu memaksa anda untuk membeli produk mereka meskipun produk itu bagus, sudah pasti anda akan merasa tak nyaman dan urung untuk membelinya bukan?

Menjual di Tempat yang Salah

Jika anda menjual produk yang eksklusif dan premium maka pasarkanlah produk itu pada kelas menengah keatas (middle up), sebagai contoh perumahan elit, mall besar, atau komunitas sosialita.

Penawaran produk pada segmen yang pas juga tak bisa kita lewatkan begitu saja. Ia juga komponen dasar dalam strategi pemasaran. Maka dari itu branding dan analisis market wajib kita pikirkan saat memulai bisnis.

Menganalisis pasar bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, apalagi jika anda adalah pemula dalam berbisnis. Pendamping seperti konsultan bisnis atau jasa branding sangatlah membantu mempermudah bisnis anda.

Sarana Selaras Media adalah salah satu perusahaan branding yang cocok untuk segala jenis bisnis anda. Tak hanya membantu anda dalam hal branding, analisis market, dan menjadi konsultan bisnis, anda akan mendapatkan layanan profesional dan menyenangkan bersama kami.

Inilah Sebab Musabab Gagalnya Pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top