Konsistensi Personal Branding

Konsistensi adalah bagian paling penting dari pembangunan personal branding. Konsistensi juga merupakan tahapan dari pembangunan personal branding bagi perusahaan atau produk. Konsistensi menunjukkan keseriusan perusahaan dalam menjalin relasi dengan pelanggan melalui brand.

Meskipun ia menduduki step yang penting, namun dalam pelaksanaannya terkadang masih ada yang gagal dalam menjaga konsistensi. Banyak yang tak menganggap konsistensi sebuah produk itu penting, pembaharuan memang sama pentingnya namun bukan lantas membuang inti atau konsep yang utama.

Konsistensi ini bisa kita amati pada sejumlah perusahaan rekaman atau management artis pada umumnya. Pembangunan personal branding seorang artis terletak dari lagu-lagu yang dinyanyikan, gaya berpakaian, hingga outfit yang ia kenakan ketika berada di atas panggung.

Sering kali artis berdandan sesuai dengan album atau single yang sedang ia kerjakan, atau yang sedang ia bawakan. Tentu dengan demikian, artis tersebut akan merepresentasikan dari konsep besar album tersebut. Selain karena memiliki konsep album yang berbeda tiap tahunnya, terkadang seorang artis atau group vocal sudah memiliki konsep dasar yang sesuai dengan target market mereka.

pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa group vocal yang memiliki konsistensi tinggi, untuk menjaga personal branding yang sudah mereka bangun sejak pertama debut.

  • TWICE

Sejak debutnya pada tahun 2015 twice memang keluar dengan konsepnya yang imut dan bubbly. Meskipun ia sempat membawakan lagu-lagu dengan genre edgy, namun JYP Entertaiment, lembaga rekaman yang menaungi Twice, tetap mempertahankan aura bubbly dan imut yang dimiliki mereka.

Konsistensi JYP Entertaiment untuk mempertahankan image tersebut patut diacungi jempol. Karena meskipun terkadang Twice membawakan lagu up beat dan terkesan edgy, namun JYP tetap bisa memadu madankan konsep dasar yang bubbly dengan jenis lagu apapun.

  • MAMAMOO

Kemunculannya di tahun 2014 mulai menggemparkan jagat hiburan korea selatan. Debutnya yang menuai pujian karena kesiapan konsep yang matang dan memiliki ciri khas vocal yang unik membuat Mamamoo mendapatkan perhatian khusus bagi penikmat jazz dan RnB.

Group vocal besutan Rainbow Bridge World ini bisa dibilang konsisten dengan warna konsep dasar, yakni jazzy dan RnB. Karena warna musik yang demikian, penampilan panggung Mamamoo selalu dihiasi dengan nuansa sexy khas musik-musik jazz.

  • BLACKPINK

Siapa yang tak kenal dengan BLACKPINK? Dari kemunculannya di tahun 2016, Blackpink menggebrak stigma group vocal perempuan di Korea Selatan yang biasanya terkesan bubbly dan lemah lembut. Blackpink memilih untuk menjadi lebih edgy dan girl crush, sungguh membuat siapapun akan terpanah melihat 4 perempuan yang terdiri dari jisoo, jenny, lisa, dan rose.

Jika Mamamoo hadir dengan konsep jazzy dan menjadi berbeda, Blackpink sendiri hadir dengan melanjutkan konsep group vocal terdahulunya di YG yakni, 2NE1. Dengan sentuhan pink, girl band dengan konsep girl crush ini tetap mendapatkan porsi girly. Hingga kemunculannya, blackpink tetap konsisten dengan konsep girl crush.

  • BABY METAL

Apa yang anda bayang kan ketika saya mengucapkan penyanyi metal? Rambut gondrong, celana compang-camping, dandanan seram, banyak logo tengkorak sana-sini, wah, banyak juga ya hal-hal yang seram. Namun pernahkah anda melihat kelompok penyanyi metal dengan dandanan imut, menggemaskan ala anak-anak sekolah? Nyatanya group ini bisa anda jumpai di jepang.

Baby metal adalah salah satu kelompok penyanyi perempuan dengan gaya japan school girl yang menyanyikan lagu-lagu rock dan metal. Kaget? Ya, keunikan mereka justru membawa peringkat tersendiri bagi para fans musik metal. Tentu saja, keluguan dan keimutan mereka juga menambah daya tarik tersendiri, hal ini karena mereka berani tampil beda dari kebanyakan kelompok metal lain, dan berhasil konsisten dalam pelaksanaannya.

  • AKB 48

Jika Baby Metal adalah kelompok vocal metalica yang berpenampilan imut, tidak dengan AKB48. Kemunculannya dengan dipilih oleh wotta (penggemar) dari AKB48 yang selalu mengikuti kegiatan atau pementasan AKB48 ini membuat setiap wotta merasa memiliki peran penting dalam pembentukan AKB48.

Kemunculan AKB48 tentu tak lepas dari kontroversi karena ke innocent an yang mereka tampilkan dari sudut sensual. Meskipun menuai banyak kontroversi, namun AKB48 tetap menjadi salah satu girl group terbaik dan iconic di Jepang, karena konsep innocent sensual yang ia miliki, dan konsistensi untuk mempertahankan hal itu hingga kini.

Jika kita bisa amati, konsistensi para group vocal perempuan ini memiliki kelebihan tersendiri. Dengan konsistensi personal branding yang mereka usung itulah yang mampu membuat mereka tetap berada pada dunia hiburan.

Dengan kata lain, konsistensi dari personal branding sangatlah dibutuhkan, untuk keberlangsungan karya atau produk kita di tengah persaingan pasar yang begitu ketat. Maka dari itu, re-branding memang diperlukan, namun jangan pernah melupakan ide pokok, atau ciri khas yang sudah melekat pada branding anda.

Konsistensi Personal Branding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top