Mau Memulai Bisnis Di Bidang Kuliner? Ini Langkahnya

tips-berbisnis-kuliner

Berbisnis dibidang kuliner adalah dambaan banyak orang. Selain karena mudah diperjual belikan, kuliner juga pasti laku dipasaran.

Meskipun ada banyak jenis bisnis yang lebih mendatangkan nominal berlimpah namun kuliner ialah bisnis yang tak pernah bisa tergerus oleh jaman. Walau banyak bisnis yang gulung tikar, bisnis kuliner akan tetap bertahan.

Makanan adalah Kebutuhan utama manusia untuk bertahan hidup. Meskipun begitu pemasaran dan branding yang asal-asalan juga tak akan membantu bisnis kuliner anda berkembang loh.

Selain itu ada banyak hal juga harus diperhatikan dalam berbisnis makanan dan minuman, yakni kebersihan. Ya, ini merupakan sorotan utama bagi calon pelanggan.

Kebersihan merupakan hal yang krusial dalam bisnis kuliner. Karena kebersihan yang baik akan mencegah kontaminasi silang pangan yang bisa merugikan manusia.

Standarisasi kebersihan pada rumah makan dan kedai kopi, semakin meningkat, ini dikarenakan kebutuhan sterilisasi pada makanan kian gencar dilakukan, sebab banyak sekali pedagang makanan yang sengaja curang dalam mengolah makanan.

Menggunakan bahan yang non hygienic bahkan berbahaya demi meraup banyak keuntungan.

Wah, ada banyak juga ya tantangan dalam berbisnis kuliner? Lalu apa saja sih langkah-langkah yang harus anda perhatikan untuk memulai bisnis kuliner?

Pada artikel kali ini kita akan sama-sama mengupas, apa saja yang harus anda pertimbangkan dan lakukan ketika sudah memutuskan untuk berbisnis dibidang kuliner. Yuk simak lebih lanjut.

  • Kebersihan

Ya, kebersihan adalah hal utama yang harus anda perhatikan ketika anda memulai bisnis kuliner.

Kontaminasi silang pada bahan pangan yang tidak steril bisa membahayakan siapapun yang mengkonsumsinya. Jangan sampai hal ini bisa buat bisnis anda gulung tikar ya? karena kebutuhan kebersihan bahan pangan pada rumah makan maupun kedai sangat krusial, hal ini memicu meningkatnya peraturan yang bisa dikategorikan cukup ketat.

Menjaga kebersihan bukan hanya sekedar menempatkan bahan baku pangan pada tempat yang aman.

Mulai dari alat mengolah makanan hingga tempat makan seperti meja kursi juga tak boleh luput dari perhatian. Jika tempat makan bersih pelanggan juga akan nyaman berada dalam tempat makan tersebut.

  • Konsistensi rasa

Selain kebersihan rasa adalah hal utama yang harus anda jaga. Dalam bidang kuliner, rasa adalah hal yang anda jual kepada khalayak umum.

Menciptakan makanan dengan citarasa yang khas dan lezat bukanlah hal mudah. Anda harus melakukan eksperimentasi berulang kali. Trial and error sudah pasti akan anda jumpai dalam bereksperimen.

Jika sudah menemukan ciri khas, yang perlu anda pikirkan selanjutnya yakni konsistensi rasa pada produk anda.

Konsistensi rasa akan mendatangkan pelanggan yang loyal, dan membuat penasaran pelanggan yang baru.

Selain itu produk anda juga akan menjadi khas, karena konsistensi rasa yang anda pertahankan pada makanan.

Pernahkan anda mengunjungi rumah makan yang memiliki kelezatan yang sama tiap kali anda mengunjunginya? Bagaimana perasaan anda ketika berada jauh dari rumah makan tersebut? Tentu kita pasti merindukan rasa makanan itu dan ingin kembali untuk mencicipinya lagi ya?

  • Hospitality
bisnis-kuliner

Coba bayangkan jika anda berada dalam restoran mewah atau cafe kekinian, tapi pelayanannya sangat tidak ramah? Meskipun rasa makanannya khas dan lezat rasanya enggan juga ya untuk kembali ke rumah makan tersebut.

Tentu hal ini bisa terjadi, karena elemen lain yang harus di jaga ialah hospitality. Bagaimana kita memperlakukan pelanggan dengan sebaik mungkin. Maka pelanggan akan merasa nyaman dan diterima.

Wajah yang ramah dan tempat yang bersih juga rasa yang khas adalah perpaduan ciamik sebuah restoran bertumbuh pesat.

Hospitality mempengaruhi nilai jual produk. Selain itu ia juga mampu mempengaruhi citra perusahaan pada khalayak umum. Hospitality adalah salah satu faktor penentu keberhasilan anda dalam berbisnis.

  • Teknik pemasaran

Jika hospitality adalah salah satu pilar penentu keberhasilan, pemasaran adalah kendaraan utama bisnis anda bisa bertahan di pasar.

Seberapa bagus pun produk yang anda punya, jika anda tak mengerti bagaimana cara memasarkan dengan tepat, niscaya bisnis anda hanya sebatas portofolio kegagalan semata.

Menganalisis pasar untuk menentukan target market memanglah bukan hal yang mudah. Dibutuhkan keahlian yang sudah teruji oleh waktu untuk bisa menganalisis pasar.

Sebab analisis pasar adalah modal anda untuk mencapai target income yang anda inginkan. Salah mengambil keputusan bisa membahayakan keberlangsungan bisnis anda.

Namun sekarang ini, anda tak perlu cemas. Karena anda bisa menggunakan jasa bisnis konsultan dan branding builder.

Dengan menggunakan jasa tersebut anda bisa memulai bisnis tanpa ragu ataupun khawatir akan mengambil keputusan yang salah.

Demikianlah beberapa step yang harus anda perhatikan ketika akan memulai bisnis dibidang kuliner. Semoga artikel ini bisa membantu jalan anda untuk memulai perjalanan bisnis.

Setiap usaha pasti akan menjumpai kegagalan dan keberhasilan, jangan ragu untuk melangkah, dan jangan sampai salah menentukan partner untuk bekerja.

Mau Memulai Bisnis Di Bidang Kuliner? Ini Langkahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top