Mengenal Branding dan Manfaatnya

Branding adalah berbagai macam kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah merek agar lebih dikenal masyarakat. Usaha branding tidak hanya dilakukan oleh pengusaha atau praktisi bisnis semata, public figure dan selebritas juga menggunakan teknik branding untuk menunjang penjualan dan citra baik.

Dalam hal berbisnis, branding adalah salah satu faktor yang mempengaruhi berkembang tidaknya perusahaan tersebut. Karena erat kaitannya dengan pemasaran, branding juga sering dikenal sebagai alat marketing soft selling. Soft selling adalah upaya menjual barang dengan lebih mengampanyekan benefit atau keuntungan dari bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Jika produk yang dijual berupa jasa, maka keunggulan dari jasa tersebut yang akan terus disebar luaskan manfaatnya.

Menurut Kotler sang maestro pemasaran berpendapat bahwa pengertian branding adalah, pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing. Lalu apakah branding sangat penting untuk berbisnis? Apakah ia mempengaruhi peningkatan angka penjualan produk yang anda jual? Apakah anda masih ragu membangun branding? Untuk menjawab keraguan anda mari kita kupas apa saja manfaat dari membangun brand untuk bisnis anda.

Jadi Daya Tarik Tersendiri Bagi Customer

Brand atau nama merek dari produk anda ialah yang akan menjadi point utama, usaha branding atau menaikkan citra baik merek yang kita dagangkan ini membawa dampak yang cukup besar bagi minat calon costumer untuk membeli produk atau jasa kita. Sebagai contoh, siapa di antara anda yang tak mengetahui restorant cepat saji bermerek KFC ? ya, sudah dapat dipastikan anda pasti mengenal KFC.

Hampir disetiap kota, KFC selalu ada. Hal ini disebabkan karena merk KFC banyak disukai oleh masyarakat. Di luar dari produk yang mereka jual memang bagus, lain dari pada itu, iklan KFC yang ada dimana-mana dan bagaimana KFC mengenalkan produknya lewat iklan terbukti mampu menggugah selera makan siapapun.

Mampu Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Branding bukan hanya bagaimana cara mendesign logo atau mempercantik bungkus produk kita. Namun ia memiliki unsur komunikasi, dengan tidak langsung kita berinteraksi dengan para calon pembeli. Mulai dari pelayanan, packaging, dan produk dengan kualitas terbaik. Hal ini perlu dipertimbangkan agar anda tak hanya mendapatkan customer baru, namun juga mempertahankan customer lama dengan loyalitasnya.

Bukan hal yang mudah memang untuk membuat customer selalu mengingat produk atau produsen. Namun dengan branding ada banyak hal yang bisa anda lakukan sehingga customer akan merasa tidak pernah rugi untuk berbelanja atau menggunakan jasa anda. Anda bisa memulai dengan meningkatkan kualitas produk, mengevaluasi pelayanan atau bahkan memulai memikirkan strategi branding yang baik dan tepat.

Ciri Khas

Ada berapa ribu macam lipstik di dunia ini? Ada berapa banyak jenis baju yang serupa dan dijual di sosial media? Ribuan bahkan mungkin lebih. Dengan persaingan begitu ketat dan produk atau jasa yang sama, tentu akan jadi PR besar bagi anda jika anda tak memiliki ciri khas dari setiap barang maupun jasa yang akan anda jual. Bersaing dengan ribuan produk yang serupa sudah jelas sangat melelahkan.

Solusi paling pas untuk menghadapi persaingan yang begitu ketat adalah branding. Dengan branding anda bisa menentukan ciri khas yang anda inginkan sebagai senjata bersaing dengan produk lainnya. selain itu, ciri khas juga membantu anda mendapatkan customer dengan segmentasi pasar yang sudah anda tentukan. Branding yang kuat akan memudahkan customer anda membedakan antara produk anda dengan produk pesaing. Baik dari segi logo produk, logo perusahaan, bahkan hingga kepercayaan customer untuk menggunakan produk anda.

Menentukan Harga Tersendiri

Ketika produk anda sudah mulai dikenal baik dengan khalayak ramai, maka anda jauh lebih mudah untuk menentukan harga jual yang lebih tinggi. Harga tidak akan begitu menjadi soal, karena customer merasa mendapatkan keunggulan dari produk atau jasa yang anda jual. Branding mampu mebantu anda memimpin pasar persaingan di dunia bisnis.

Sebagai contoh, anda pasti mengetahui Gucci, Daniel Wellington, atau Eiger. Ya, merk raksasa dalam bidang fashion itu sudah pasti di kenal banyak orang. Pertanyaannya adalah mengapa brand dengan harga begitu mahal tapi masih tetap ada peminatnya? Jawabannya yakni, branding. Hal ini membuktikan bahwa pembangunan branding mampu membawa nilai lebih untuk produk anda. dengan begitu customer akan tetap membeli produk anda bukan hanya karena brand dan kualitas produk, namun karena customer mampu menemukan nilai lebih dari barang anda.

Nah, banyak juga ya manfaat dari branding, membangun brand memang membutuhkan keahlian khusus dan analisis yang cukup serius. Dengan begitu upaya branding anda tidak akan berjalan setengah, dan target market anda akan memenuhi segmentasi yang sudah anda tentukan.

Perencanaan branding sendiri menguras banyak waktu dan pemikiran, namun hal ini bisa anda atasi dengan menggunakan jasa branding builder. Branding builder mampu mempersingkat waktu anda dan tentunya bekerja sesuai keinginan anda sebagai client. Sarana Selaras Media, adalah salah satu perusahaan branding builder yang bermarkas di Surabaya. Pengalaman dalam media, membangun citra perusahaan sudah didapatinya. Mari, bangun perusahaan anda bersama kami.

Mengenal Branding dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top