Menjadi Beda Lebih Baik

Ada berapa banyak saingan anda dalam bisnis sekarang ini? Jutaan? Atau bahkan ribuan? Lalu bagaimana cara anda bersaing ditengah gempita pasar yang begitu ketat? Branding? Ada berapa banyak perusahaan yang juga menggunakan branding dalam bisnisnya? Tentu ratusan.

Di tengah persaingan pasar yang begitu ketat kita dituntut untuk tetap kreatif dan innovatif sembari terus mengikuti perkembangan zaman, agar tetap bertahan pada perputaran pasar. namun apa yang membuat beberapa bisnis terlewat outstanding dibandingkan dengan bisnis lain, yang bahkan serupa jenisnya?

Mungkin anda akan mengira bisnis-bisnis itu memiliki ide pokok yang sangat unik sehingga bisa diterima oleh masyarakat, atau bahkan mungkin anda berfikir jika pemasaran dari perusahaan tersebut sangat memiliki peran yang besar. Namun faktanya tidak seperti itu.

Menjadi kreatif saja tidak cukup untuk persaingan seketat dunia bisnis. Anda harus menjadi berbeda untuk mencuri perhatian banyak calon pelanggan atau customer. ya, berbeda bukan hanya urusan mencari sesuatu yang tak pernah dilakukan sama sekali, namun ia juga seni mengemas sesuatu yang sudah ada, tetapi disajikan secara berbeda.

Dalam artikel ini akan kita amati satu per satu, apa saja yang bisa kita lakukan dalam menjadi berbeda dalam dunia perbisnisan. Berikut adalah daftar industri atau brand yang perlu anda contoh, karena mereka sudah berhasil menghadirkan rasa baru dalam industri tersebut.

Psy

Psy, pada kemunculannya di tahun 2012 dengan lagu dan tarian gangnam stylenya. Psy menjadi artis korea selatan pertama yang bisa menembus kancah internasional. Ia membuka jalan bagi seniman lainnya untuk berkolaborasi dengan seniman hollywood. Tentu ini adalah sebuah pencapaian yang amat membanggakan.

Tentu hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Pria bernama lengkap Park Jae-sang ini mampu mencuri pehatian di tengah gemah gempita boyband korea dengan segala ke aethetikannya. Bagaimana tidak, di antara maraknya gaya k-pop yang memiliki tubuh kekar dan tirus, juga gaya tarian yang keren, Psy berani mengambil langkah berbeda dengan menciptakan tarian nyentrik dan unik.

Inilah yang kemudian membuat penyanyi yang juga rapper ini menempati posisi khusus. Karena keberaniannya tampil beda dan unik, ia mampu mengkatrol karirnya di dunia permusikan. 

Axis

Provider indonesia satu ini, awalnya hanya seperti provider pada umumnya. Namun pengemasan iklan mereka pada televisi dan media massa lainnya membuat ia sangat berbeda dengan yang lain. iklannya yang nyentrik dan aneh, membuat itu menjadi sangat berbeda jika dibandingkan dengan iklan provider lain yang monoton.

Axis mampu menggebrak formula lama iklan provider di Indonesia. Jika anda menanyakan pada kawan anda tentang provider axis, kemungkinan besar yang ia ingat adalah iklan-iklannya yang nyentrik dan berbeda dari yang lain. tentu iklan itulah yang membuat nama Axis juga melejit dan bisa diterima masyarakat.

Studio Ghibli

Apakah anda penggemar anime jepang? Jika begitu, pasti anda mengenali studio ghibli. Studio ghibli adalh gebrakan di dunia perfilman di Jepang. Kemunculannya yang unik, yakni membungkus cerita anime dalam wujud film, dengan gaya kartunis yang khas dan berbeda dari anime pada umumnya, membuat film-film studio ghibli menjadi yang paling dicari.

Di antara maraknya anime yang berbau dewasa dengan cerita series yang terus berlanjut, studio ghibli berani tampil dengan berbeda. Didirikan pada 1985, rumah lahirnya anime ini ingin memberikan angin baru pada industri anime. Kisah yang tuturkannya pun sarat makna dan mengundang pelbagai pujian dari manca negara.

Kisah sukses studio ghibli ini, tentu tak lepas dari upaya mereka untuk menjadi berbeda dengan yang lainnya. dari sisi developing cerita hingga artistiknya. Ikhtiar menjadi berbeda ternyata berujung pada tuaian penghargaan.

Film Pengabdi Setan

Anda penikmat film horror? Citra film horror Indonesia yang buruk mungkin akan sulit sekali lepas dari ingatan kita. Tak hanya buruk karena menonjolkan erotisme, namun logika bercerita yang sangat jelek dan penggunaan formula cerita yang itu-itu saja, juga berhasil membuat penonton terlanjur enggan.

Akan tetapi tidak dengan pengabdi setan. Kemunculan pertamanya di layar lebar, benar-benar menyita perhatian. Sama sekali tak tunjukan erotisme, pengabdi setan sukses melenggang hingga mengikuti pelbagai festival perfilman di luar negeri.

Sebuah pencapaian luar biasa yang telah dicapai oleh film maker Indonesia. Pengabdi setan seakan memancarkan cahaya baru perfilman khususnya horror di Indonesia. Disutradarai Joko Anwar pengabdi setan berhasil menyabet gelar scariest film award, di Florida, Amerika Serikat.

Digadang-gadang menjadi banyak inspirasi sineas lainnya dalam menghasilkan film horror berkualitas, setelah kemunculannya, terbitlah beberapa film horror lainnya dengan kualitas tak kalah bagusnya dari pengabdi setan.

Dari semua contoh di atas, sudah bisa kita simpulkan, bahwa menjadi sedikit berbeda adalah lebih baik, daripada hanya menjadi lebih baik sahaja. Menjadi berbeda dari yang lainnya tak harus anda ulangi setiap kali mempromosikan produk atau perusahaan. Cukup dengan tindak tanduk dan output yang sama sekali berbeda dengan kebiasaan lainnya.

Berani menjadi berbeda tak dimiliki setiap orang. Maka dari itu hanya beberapa orang sahaja yang berhasil stand out dan memenangkan persaingan pasar. Berbeda tidak selalu menakutkan, ia bisa menjelma jadi senjata yang bisa anda gunakan untuk bertahan di tengah gelombang persaingan pasar.

Menjadi Beda Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top