Cara Mengasah Branding Skill

Skill branding adalah kemampuan spesial yang tak dimiliki setiap orang. Padahal jika anda memasuki dunia bisnis, branding adalah salah satu hal yang cukup penting untuk menunjang keberlangsungan bisnis anda kedepan. Tak hanya itu, branding juga membantu pertumbuhan ekonomi dan daya tawar dari bisnis anda. selain meningkatkan daya tawar, bisnis juga mampu mengcover hal-hal yang berpotensi untuk menghambat kinerja bisnis anda.

Ada banyak sekali perusahaan besar yang memiliki branding sistem yang luar biasa rapi dan ampuh, maka dari itu perusahaan mereka bisa bertahan dan memimpin pasar persaingan. Kekuatan branding sering kali dianggap remeh-temeh bagi sebagian orang. Padahal perannya dalam memajukan perusahaan sangatlah penting. Tanpa branding, sebagus apapun produk yang anda hasilkan, masyarakat tak akan mengenal produk anda dan penjualan anda akan selalu menurun karenanya.

Tentu sebagai pebisnis anda tak ingin hal-hal itu terjadi pada perusahaan anda bukan. sekecil apapun usaha anda, branding akan selalu menempati posisi runner up, untuk turut membangun perusahaan anda, hingga mencapai target yang sudah anda tentukan. Sudah dapat dipastikan, semua upaya itu hanya bisa berhasil jika anda mengerjakan branding perusahaan dengan sungguh-sungguh.

Dengan dari pada itu, pada artikel berikut ini kita akan sama-sama mengupas apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan branding tersebut. Upaya apa saja yang bisa anda lakukan untuk mencapai branding image yang anda inginkan. Berikut adalah 5 langkah yang pas, untuk mengasah kemampuan branding anda.

  • Definisikan brand anda

Mendefinisikan brand tentu bukan hal-hal yang bisa anda lakukan dengan sembarangan. Definisi brand harus anda tentukan berdasarkan dengan kesejarahan dan semangat dari perusahaan anda berdiri. Jangan hanya tawarkan mangkuk, namun tawarkan juga cerita dibalik pembuatan mangkuk tersebut.

Customer jauh lebih tertarik dengan benda-benda yang memiliki kisah menarik di belakangnya. Ketertarikan mereka akan jauh lebih tinggi dengan sesuatu yang memiliki semangat perjalanan yang unik. Inilah mengapa pada kebanyakan brand besar akan selalu mencantumkan historis bagaimana mereka lahir dan kemudian menjadi perusahaan yang begitu besar, apa tujuan dari semua itu.

Anda harus banyak melatih diri, untuk menuangkan pikiran anda pada definisi brand yang anda ciptakan atau kelolah. Sering kali hal sedetail definisi kerap dilupakan oleh beberapa orang. Banyak yang menganggap definisi tak sepenting strategi marketing, namun menentukan definisi brand anda juga bagian penting dari proses branding tersebut.

  • Perbanyak mempelajari komunikasi non verbal

Komunikasi non verbal sering kali kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari foto, gambar hingga logo, adalah komunikasi non verbal yang akan selalu jadi bagian dari hidup kita kini. Visualisasi produk juga merupakan komunikasi non verbal yang layak mendapat perhatian tertentu agar prosesi branding anda tepat sasaran.

Filosofi warna, bahkan memilih bentuk  grafik pada produk yang anda jual harus masuk dalam tahap reasonable. Maka dari itu mempelajari komunikasi non verbal sangatlah penting jika anda ingin mengasah kemampuan branding. Dengan mengenali filosofi warna, dan bentuk, juga pesan-pesan visual yang disampaikan pada sebuah produk, anda akan dengan mudah menerjemahkan maksud dari penyampaian pesan tersebut.

Menerjemahkan pesan yang hendak disampaikan melalui visualisasi, tentu sangatlah perlu dikuasai bagi branding builder. Tentu hal ini karena kebutuhan yang menuntut ia untuk bisa meraup perhatian sebanyak-banyaknya dari target market yang ia tentukan. Apakah anda sudah mempelajari komunikasi non verbal?

  • Analisis market

Tak hanya melatih diri untuk mempelajari komunikasi non verbal, menganalisis market juga harus dilakukan, guna memperkuat kemampuan anda dalam merancang strategi branding. Tak dapat dipungkiri, merancang strategi branding sama halnya dengan menyusun strategi marketing.

Ia memerlukan analisis yang matang. Mulai dari target audiense hingga gender yang disasar akan sangat mempengaruhi langkah-langkah apa saja, yang bisa anda ambil untuk melancarkan proses branding anda agar mereka tepat sasaran. Maka dari itu, menguasai analisis market sangatlah dianjurkan sebelum anda bisa merancang langkah selanjutnya dalam membangun branding.

  • Tengok brand serupa

Mengintip apa yang dilakukan saingan anda bukanlah suatu tindak kriminal. Dengan mempelajari produk lain anda bisa melakukan intropeksi diri. Mengkoreksi apa saja yang kurang dari langkah yang sudah anda ambil. Anda pun bisa mempelajari apa saja yang mereka lakukan sehingga brand mereka bisa lebih berhasil dan tepat sasaran daripada produk anda.

Jika anda sangat pemula, anda bisa menjadikan para pesaing anda sebagai acuan, atau mercusuar. Pernahkah anda mendengar istilah “copy, create, modification” ? yup, anda bisa menggunakan tahapan ini jika anda belum pernah melakukan proses branding.

  • Praktikkan dan Konsisten 

Tahap terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengasah skill branding yang anda lakukan adalah, mempraktikkan apa yang anda dapat dan konsisten untuk melakukannya. Hal itu sangat penting, karena konsistensi adalah sesuatu yang tak bisa dilakukan semua orang.

Konsistensi terhadap apapun yang anda lakukan tentu akan membantu anda untuk terus tumbuh dan berkembang. Dengan semua itu, apa yang anda pelajari tak akan sia-sia. Kontinuitas membawa dampak yang cukup signifikan terhadap praktik-praktik branding yang anda lakukan pada brand anda. namun tak sedikit yang bisa bertahan pada tahap ini.

Membangun branding memang membutuhkan ketelatenan dan keahlian yang tak biasa. Maka dari itu, menggunakan jasa branding builder adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menunjang pertumbuhan brand anda.

Mempercayakan brand anda pada sebuah branding builder pun tak bisa sembarangan. Profesionalitas tentu menjadi faktor utama untuk mempercayakan brand anda kepada mereka. oleh karena itu, jika anda memilih untuk menyerahan brand anda pada branding builder, anda harus benar-benar mengetahui, sudah berapa banyak client yang mereka pegang, dan seberapa bagus kualitas mereka.

Nah, itu tadi adalah beberapa tahapan yang bisa anda lakukan untuk mengasah kemampuan anda dalam hal branding. Semoga artikel ini bisa berkontribusi bagi kegiatan branding yang akan anda lakukan. Selamat mencoba.

Cara Mengasah Branding Skill

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top