Revolusi Bisnis Di Era Digital

bisnis-di-era-digital

Perubahan pola hidup masyarakat semenjak adanya internet membawa dampak positif bagi kehidupan kita. Hadirnya internet memaksa kita untuk mengikuti perubahan-perubahan yang cukup pesat, banyak sektor yang juga mengalami revolusi setelah internet mewarnai kehidupan kita sehari-hari. Bisnis, adalah salah satu sektor yang mengalami revolusi.

Revolusi industri menjadi topik yang sering kali berlalu lalang baru-baru ini, perubahan transaksi jual beli juga mendapatkan bermacam respon. Hal ini mempengaruhi pergolakan ekonomi utamanya pada negara berkembang seperti indonesia.

Tak khayal jika pemain baru dalam bisnis masa transisi ini mengalami kesulitan tersendiri. Di satu sisi permainan bisnis gaya lama sudah terlanjur melekat, di sisi yang lain kemajuan teknologi memaksa kita untuk terus mengupdate diri dan strategi.

Memulai bisnis memang bukan pekara gampang, banyak yang harus difikirkan. Mulai dari pemetaan mangsa pasar, management resiko, hingga branding image. Mendapatkan kepercayaan penuh dari customer juga PR besar untuk pebisnis pemula.

Bukan soal gampang mendapatkan kepercayaan dalam sektor bisnis, track record yang baik dan branding image yang pas terbukti mampu menembus mangsa pasar yang sudah kita targetkan.

Dengan pelbagai kebutuhan yang harus dipenuhi tersebut, tak jarang pemain baru akan kewalahan dalam mengolah bisnisnya, bahkan ada beberapa yang terpaksa gulung tikar. Namun jangan berkecil hati dahulu, karena pembaca bisa memulai bisnis dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini agar bisnis tetap berjalan lancar.

Analisis Pasar

Segmentasi pasar, manajemen resiko dan perencanaan strategi marketing merupakan unsur terpenting dalam memulai bisnis. Pemetaan-pemetaan jadi salah satu petunjuk arah bisnis kamu berjalan. Selain itu 3 hal tersebut juga mampu memperkecil resiko mendulang kerugian yang cukup besar.

Strategi marketing yang matang bisa dikombinasikan dengan pelbagai alur jual beli yang diharapkan. Analisis pasar diharapkan mampu menjadi pondasi utama dari jenis bisnis apa yang ingin kamu buka di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini. Dari analisis pasar kita juga bisa melihat pola konsumsi customer yang kita targetkan dan apakah langkah pemasaran kita sudah tepat.

Misal katakanlah kita ingin memulai bisnis dibidang kuliner di kota A, hal pertama yang harus kita lakukan adalah survey, jenis makanan apa yang paling digemari di kota A dan bagaimana mereka membelinya, selanjutnya kita bisa mencari tahu seperti apa pola konsumsi masyarakat kota A. Analisis pasar yang matang juga mampu meningkatkan target penjualan mu.

Branding Image

Banyak diantara pengusaha yang mengabaikan keajaiban branding image. Padahal brading image juga sama pentingnya dengan analisis pasar. Kekuatan branding juga mampu membawa daya tawar perusahaan. Selain itu kepercayaan customer juga mampu di bentuk melalui branding. Sayangnya tak sedikit yang meremehkan branding image sebagai unsur berbisnis yang tak kalah penting dan berpengaruh.

Branding adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk membesarkan merk, atau bisnis. Branding image juga dikenal sebagai komunikasi antara perusahaan dengan calon customer atau customer agar perusahaan mendapatkan kepercayaan penuh untuk bekerja sama, dan membeli produk yang mereka jual.

Pembentukan branding ini juga membantu meningkatkan daya jual, bergantung dengan mangsa pasar yang sudah kamu tentukan.

jasa-brand-terbaik

Branding image juga terbukti mampu menyelesaikan problematika dalam berbisnis. Dalam kasus ini beberapa perusahaan mulai mempercayai kekuatan branding image.

Contoh kasus, salah satu restoran makan terkenal yang dikabarkan menggunakan bahan makanan non-halal meskipun mereka sudah berlabel halal MUI, dan alhasil menggemparkan sebagian besar pelanggan. Namun issue itu segera sirna dengan re-branding image, yakni seluruh karyawati di restoran tersebut diharuskan menggunakan jilbab. Terlihat sangat sederhana namun efektif untuk mengembalikan kepercayaan pelanggan restoran tersebut.

Kasus di atas menggambarkan betapa branding image bisa mempengaruhi daya tarik customer dan meningkatkan kepercayaan mereka dalam satu waktu. Jika re-branding memiliki kemampuan yang cukup signifikan, bisakah kamu bayangkan jika branding image sudah kamu pikirkan sejak awal dalam membangun bisnis?

Digitalisasi Industri

Digitalisasi mampu membawa perubahan di pelbagai sektor, tak terkecuali bisnis yang lebih sering dikenal sebagai Revolusi Industri. Kekuatan digital terbukti mampu medobrak pasar ekonomi dan mengubah regulasi perekonomian saat ini. Tuntutan menjadi yang terefesien dan terpercaya memantik para pelaku bisnis untuk saling berlomba dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Kecenderungan manusia 4.0 yang praktis dan efesien juga menjadi daya dukung maraknya digitalisasi industri. Berbelanja online juga mampu menghemat waktu dan tenaga bagi kamu yang tak punya cukup waktu untuk jalan-jalan ke mall.

Namun digitalisasi tak terbebas dari resiko, kepercayaan customer dan kecepatan respon juga menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis online. Membangun image dan trusted customer adalah kunci utama keberhasilan bisnis online mu.

Seperti yang sempat kita singgung di atas, dalam masa peralihan ritme berdagang dari offline ke online ini, kita akan dihadapkan dengan kendala baru. Sebagai pemula yang masih mengemban keterbatasan informasi tentang alur yang baik dan benar dalam berbisnis online, juga keterbatasan waktu yang ada adalah faktor utama terhambatnya proses digitalisasi bisnismu.

Namun di jaman yang serba cepat ini kita sudah dimudahkan dengan penyedia jasa sosial media management, dan pembuatan website resmi. Meskipun sama sekali tak mudah untuk memilah penyedia jasa pembuat website dan manajemen sosial media. Akan tetapi dengan hadirnya penyedia jasa tersebut bisnis kamu akan terupgrade.

Memilih Partner Berbisnis

Memiliki partner dalam bekerja juga menentukan kelancaran dalam berbisnis. Jika tidak, bukan untung malah makin buntung. Relasi kerja yang kurang tepat juga cenderung memperlambat berkembangnya bisnis kita.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih partner bisnis adalah tingkat profesionalitas dan komitmen mereka dalam bekerja. Untuk menjawab kebutuhan mu dalam berbisnis, kini Sarana Selaras Media telah hadir untuk mempermudah proses revolusi bisnismu. Sarana Selaras Media tak hanya menyediakan jasa pembuatan website dan management social media, kami juga akan menjadi bussiness buddy kamu sebagai bussiness consultant. Dengan profesionalitas dan komitmen, mari merevolusi bisnismu pada jejaring digital yang tak terbatas.

Revolusi Bisnis Di Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top