Visual Branding

Anda pasti sudah mengetahui tentang pentingnya membangun citra atau menyusun strategi branding untuk bisnis. Salah satu unsur dalam branding yakni visual, atau lebih akrab dikenal sebagai visual branding. Visual branding merupakan dinding utama dari strategi pembentukan citra perusahaan atau produk. Hal-hal yang meliputi visual branding antara lain packaging produk, seragam, dan yang utama adalah logo.

Bisakah anda bayangkan sebuah produk, partai atau organisasi sekalipun, tak memiliki logo? Pertanyaannya adalah, bagaimana anda bisa memperkenalkan suatu produk tanpa representasi dari produk tersebut? Pasti anda akan sangat kesulitan bukan? bahkan hampir tak mungkin. Sekecil apapun produk atau jasa yang anda jual, pasti akan membutuhkan identitas sebagai jembatan untuk memperkenalkan produk anda pada khalayak. Tanpa visual yang mewakili produk, anda juga tak akan bisa melancarkan strategi pemasaran.

Visual sendiri memiliki pelbagai unsur, seperti filsafat dari warna yang dipilih untuk mewakili perusahaan tersebut. Bentuk atau font tulisan yang ditentukan juga harus beralasan. Visual branding juga bisa disebut sebagai identitas yang mewakili perusahaan dan produk tersebut. Maka dari itu peran dari visual branding sangat krusial, lain daripada itu ia juga merupakan representasi jati diri produk tersebut. Customer bisa menilai perusahaan dan produk yang di jual dari logo atau packaging perusahaan tersebut.

Katakanlah Versace, apa yang terbesit pada pikiran anda saat mendengar merek Versace? Luxury, eksklusif, elegant, dan lain sebagainya. Bagaimana anda bisa meyakini semua asumsi anda itu dalam sekejap tanpa melihat produk mereka? jawabannya yakni logo. Pernahkan anda melihat logo Versace? Elegan dan terlihat mahal bukan? sebab itulah branding yang ingin dikenalkan pada para calon customer mereka.

Versace sudah pasti sangat memikirkan branding, dengan segmentasi menengah ke atas. Ide itu kemudian diekstrak menjadi sebuah logo. Mulai dari pemilihan warna hingga font/typography yang digunakan juga sangat mewakili segmentasi Versace sebagai brand kelas menengah keatas.

Mengingat kebutuhan branding yang kian padat di tengah hegemoni pasar. Maka dalam artikel ini, mari kita telisik satu per satu, apa saja yang harus diketahui oleh  pebisnis tentang visual branding. Bagaimana merangkai visual branding yang ideal untuk target market anda? hal pertama yang harus diketahui oleh pebisnis adalah diferensiasi.

Diferensiasi

Sebuah brand bisa melejit namanya karena berbeda dengan yang lain. Coba anda bayangkan, ketika anda akan menjual sebuah masker, dengan kompetitor dan barang yang serupa bagaimana anda bisa menarik perhatian calon customer anda? tentu calon customer akan memilih produk yang lebih baik dan berbeda. Sedikit berbeda menjadi lebih baik dari pada hanya lebih baik.

Pembeda dibutuhkan dalam berbisnis, apapun jenis bisnis anda. Sekalipun anda adalah public figure, jelas, hal yang membuat anda terlihat berbeda dengan lainnyalah yang akan menjadi amunisi anda untuk tetap eksis di industri politik atau hiburan. Sebagai contoh, siapa yang tak kenal ahok? Nama ahok begitu terkenal dan melejit, hingga warga di luar Jakarta pun mengenal sosok ahok. Kenapa? Karena ia berbeda. Pejabat publik yang identik dengan ras jawa dan terkenal dengan sistem kerja yang kurang cepat telah tergebrak oleh munculnya ahok.

Sistem kerjanya yang transparan, dan cepat telak membuat semua perhatian tertuju pada ahok. Hal serupa juga terjadi pada PSY. Penyanyi asal korea selatan yang booming karena tarian gangnam stylenya ini sontak membuat ia makin terkenal. Mengapa ia berbeda? Di saat hampir semua penyanyi Korea Selatan memiliki tubuh kurus dan struktur wajah yang sempurna, Psy tampil beda dengan melawan arus utama tersebut, dan Psy adalah orang Korea Selatan pertama yang memulai duet dengan artis manca negara.

Pembeda adalah kunci utama untuk merebut perhatian dari persaingan yang kian kompetitif seperti bisnis. Dengan berbeda produk atau jasa yang anda perkenalkan pada pasar akan bersinar dan menyilaukan.

Berinovasi

Brand yang tidak diremajakan dengan seiring perkembangan zaman dan munculnya kompetitor lain ia akan sirna. Dengan merekontruksi ulang atau memperbaharui branding juga mampu membawa angin segar bagi pebisnis maupun customer. Pembaharuan branding ini bukan berarti anda merubah total apa-apa yang sudah menjadi identitas perusahaan anda, namun pembaharuan disini ialah menambahkan dan mengurangi hal yang dirasa kurang pas untuk brand anda.

Misalnya dengan memperbaharui logo perusahaan. Memperbaharuinya bukan berarti mengganti nama bukan? lebih tepatnya memperbaharui model, pemilihan font/typography dll, cukup bisa menarik perhatian customer anda baik yang baru maupun lama.

Evaluasi

Di luar dari visual branding, apapun membutuhkan evaluasi. Penilaian ulang tentang pelbagai hal yang sudah di jalankan dan apakah itu mencapai target-target yang sudah ditentukan. Begitu pula dengan visual branding, tampilan luar dari perusahaan atau produk anda harus direview kembali. Keabsahannya untuk menarik minat pembeli juga perlu dikoreksi.

Sebagai contoh brand kosmetik bernama Avi*n, mungkin jika anda berusia 27 keatas anda akan mengetahui produk kecantikan ini. Namun tak jarang perempuan di usia dewasa madya, tak mengenali produk tersebut, sampai pada titik ia melakukan evaluasi visual. Beberapa tampilan pada packagingnya berubah mengikuti perkembangan zaman. Bahkan dalam strategi promosi, ia menggandeng salah satu beauty influencer untuk memperbaiki citranya sebagai produk make up lama atau produk make up ibu-ibu.

Evaluasi sangatlah penting, dikarenakan ia bisa mempertahankan loyalitas customer anda dan menggaet calon customer dari segmentasi yang berbeda pula.

Memikirkan bagaimana membungkus visual branding dengan tepat, membutuhkan waktu dan pengalaman yang tak singkat. Ahli komunikasi juga terlibat dalam eksekusi visual branding. Karena unsurnya yang mewakili identitas pembeli dan perusahaan, komunikasi dalam visual branding harus tersampaikan dengan baik.

Namun jangan khawatir karena harus mempelajari ilmu komunikasi, anda hanya perlu menghubungi orang yang tepat seperti brand builder. Sarana Selaras Media memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam bidang visual branding. Dengan Sarana Selaras Media anda akan mendapatkan layanan kelas internasional, yang menjaga betul tingkat kualitas dan profesionalitas dalam pekerjaannya. Sudahkah bangun visual branding bisnis anda?

Visual Branding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top